Minggu, 16 Mei 2010

review novel : Jurnal JO !


Title: Jurnal Jo
Author: Ken Terate
Genre: Kehidupan Remaja
Rate: ****







Sesuai dengan yang saya katakan pada postingan pertama, pada postingan ke dua ini saya akan menyajikan anda review dari novel yang sudah saya baca :).
Oke tanpa basa basi dan tanpa bertele-tele saya akan langsung menuju ke tujuan awal saya untuk membuat postingan ke dua ini.
Yaaa Jurnal JO!!!
Ini novel yang ngena banget, maksudku benar-benar novel yang menunjukkan kehidupan remaja.
Seperi halnya problem-problem yang udah gak asing lagi terjadi di kehidupan remaja.


Apa sih yang gak asing lagi?? tentu aja LOVELIFE.
Beside it, apa lagi sih yang gak asing di kehidupan remaja??
Of course persahabatan, keuangan,
dan gaya .
Oh ya novel ini bisa di bilang unik, kenapa?? (kenapa aja bolehh) yeee. hahahhahaha
Ya unik dong secara ya novel ini tuh berbentuk jurnal.
Jadi sang pengarang membuat karakter tentang seorang anak perempuan yang bernama Josephine Wilisgiri (Jo).
Coba anda perhatikan dengan seksama, "Josephine Wilisgiri".
Ada yang ganjil kah dengan nama itu??
Yaiyalah masa nama udah keren-keren depannya Josephine eh belakangnya Wilisgiri. hahhaahha
Nah itu juga merupakan salah satu contoh sisi yang menonjol dari novel ini. Novel ini tuh sangat lucu (menghibur), kalau bahasa gaulnya sih "LuCu b3uDh" hahahhahahha.


Selain itu, yang membuat lucu adalah sang pengarang benar-benar berhasil menciptakan karakter Jo yang sangat mencontohkan sikap seorang anak yang baru saja mengalami masa remaja, seperti dari gaya bicaranya, kelakuannya, pemikirannya dan eitts jangan ketinggalan, novel ini juga banyak berisi motivasi untuk kita, khususnya kalangan remaja.


Jo memiliki seorang ayah yang merupakan seorang guru bahasa jawa di SMP, menurut Jo pekerjaan ayahya sebagai guru bahasa jawa bukanlah masalah, namun permasalahannya adalah ayahnya merupakan guru bahasa jawa di tempat ia bersekolah.
Sedangkan mamanya adalah guru bahasa inggris di SMA.
Nah perbedaan yang sangat kontras pada pekerjaan kedua orang tua itunya lah yang membuat nama Jo unik. Nama jo berawal dengan nama yang kosmopolitan sedangkan nama panjangnya sangat kental jawanya.
Jo juga memiliki seorang adik perempuan yang bernama Sophie, serta adik laki-laki yang bernama Kevin.

Jo bukan berasal dari keluarga kaya, tapi hidupnya berkecukupan.
Oh ya, Jo memiliki sahabat dari SD yang bernama Sally.
Namun semenjak masuk SMP kehidupan Jo benar-benar berubah, maksudku semenjak masuk SMP kehidupan Jo di penuhi dengan banyak masalah.
masalah percintaan, persahabatan dan sebagainya.

Namun masalah itu justru membuat Jo mengerti bagaimana ia seharusnya menghadapi dunianya yang baru sekarang ini, dan bagaimana seharusnya ia bersikap.

Bayangkan saja hal yang di alami Jo semenjak masuk SMP seperti contohnya : kehilangan sahabat baik, di khianati cowok yang di kaguminya, harus mempunyai aksesoris yang oke agar tetap masuk di gank gaulnya, dan sebagainya.

Bisa di mengerti dong kenapa saya bilang novel ini benar-benar mengangkat cerita dari kehidupan nyata seorang anak yang baru saja mengalami masa remaja?

Oke guys kalau saya ceritain semuanya gak akan seru, jadi kalian harus membuktikannya sendiri dengan membaca novel ini dan saya harap setelah membaca novel ini kalian bisa menemukan banyak pelajaran bagaimana caranya menjalani hidup sebagai seorang remaja yang benar.

Jangan pernah sia-siakan dan menghancurkan masa remajamu hanya untuk hal yang tidak penting yang malah membawa kita terjerumus ke dunia yang tidak baik.

Satu lagi pesan dari saya, masa remaja itu merupakan masa dimana seseorang sedang mencari jati diri dan berusaha untuk membentuk diri, so bentuklah diri kita sebaik mungkin dan hadapi semua masalah dengan solusi yang tepat sehingga kita menjadi seseorang yang lebih baik dari hari ke hari.

Oke kawan-kawan sampai jumpa di postingan saya yang selanjutnya, semoga postingan ini bisa membantu kalian yang sedang bingung untuk mencari novel apa yang harus kalian baca.

SEE YAA! :D

1 komentar: